Cara Merawat Bayi

Cara Merawat Bayi


Manfaat Pijat Bayi dan Efek Sampingnya

Posted: 26 Apr 2012 09:14 PM PDT

Manfaat Pijat Bayi dan Efek Sampingnya

manfaat pijat bayiPijat bayi merupakan teknik perawatan tradisonal yang berkembang secara turun menurun. Menurut penelitian medis, perawatan pijat bayi memiliki banyak manfaat, baik dari segi kesehatan bayi maupun dari segi psikologis bayi. Manfaat pijat bayi dari segi kesehatan diantaranya:

Menstimulasi saraf otak. Hal ini baik untuk perkembangan otak bayi.
Melatih respon saraf pada tubuh bayi, yang dapat memacu perkembangan reflek tubuh bayi.
Membantu dan menstimulasi sistem pencernaan pada perut bayi, karena pijat bayi dapat meningkatkan kerja peristalsis usus.
Melancarkan sistem peredaran darah bayi.
Meningkatkan berat badan bayi.
Melancarkan pernafasan bayi, karena dapat membantu suplai oksigen pada tubuh bayi.
Membantu perkembangan susunan otot bayi.
Meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Sedangkan manfaat pijat bayi dari segi psikologis bayi diantaranya:

Apabila pijat bayi tersebut dilakukan oleh orang tua bayi, maka hal tersebut akan menambah kedekatan antara bayi dan orang tua. Karena bahasa sentuhan cinta sangat mempengaruhi perasaan bayi.
Mengembangkan terjalinnya komunikasi bayi. Karena dapat merangsang kontak mata, ekspresi wajah, dan ekspresi tubuh bayi.
Memberikan rasa nyaman pada bayi.
Membuat bayi lebih tenang dan tidak mudah rewel.
Agar dapat memperoleh manfaat pijat bayi yang maksimal, kita harus melakukan cara pijat bayi yang sesuai dengan ketentuan pemijatan

Oleh karena itu, belajar cara pijat bayi yang benar dan baik, sangat diperlukan oleh orang tua dan praktisi pijat. Cara pijat bayi yang sesuai dengan ketentuan medis dapat memberikan efek positif dan manfaat bagi bayi.

Di samping itu, cara pijat bayi yang sesuai ketentuan medis dapat mengurangi adanya resiko pijat bayi. Karena beberapa kenyataan di lapangan didapatkan bahwsanya banyak terjadi praktek pijat bayi yang memberikan efek samping dan efek negatif pada bayi. Hal tersebut dapat terjadi apabila pemijatan dilakukan dengan cara yang salah dan tidak sesuai dengan ketentuan medis.

Efek samping dari kesalahan pemijatan diantaranya adalah pembengkakan, terdapatnya lebam, adanya rasa sakit pada bayi sehingga bayi menjadi rewel, pergeseran urat, cidera, bahkan bisa menyebabkan kematian pada bayi. Oleh karena itu, banyak orang tua yang enggan melakukan pijat bayi, mereka takut akan terjadi resiko pijat payi pada buah hatinya.

Resiko pijat bayi tersebut biasanya disebabkan oleh kelalaian praktisi pijat dalam memijat, salah pijat, dan kurangnya pengetahuan pemijat. Untuk memperkecil resiko pijat bayi, hendaklah para orang tua jeli dalam memilih praktisi pijat untuk bayinya.

Manfaat Pijat Bayi dan Efek Sampingnya

Terapi Musik Untuk Mencerdaskan Bayi

Posted: 26 Apr 2012 09:09 PM PDT

Terapi Musik Untuk Mencerdaskan Bayi

terapi musik untuk bayiSetiap orangtua pasti menginginkan anak yang cerdas dan kreatif. Terapi musik bayi dapat menjadi salah satu alternatif untuk mencerdaskan otak anak sejak masih dalam kandungan. Sebaiknya berikan terapi musik bayi saat usianya telah mencapai 4 bulan karena pada masa ini sedang terjadi pembentukan sel-sel otak. Selain itu, mulai usia 4 bulan bayi sudah mampu mendengarkan suara dari luar. Penelitian menunjukkan bahwa musik untuk bayi dapat merangsang perkembangan otaknya. Hal ini terlihat dengan adanya respon berupa gerakan yang dilakukan oleh bayi.

Terapi musik bayi memang terbukti mempengaruhi pertumbuhan bayi di kemudian hari. Anak yang sejak dalam kandungan diperdengarkan musik memiliki kecerdasan yang lebih tinggi, lebih mudah dalam pelajaran matematika, lebih berkepribadian kuat dan lebih mudah menyerap banyak hal yang terjadi di lingkungannya. Hal ini karena musik untuk bayi bisa menyeimbangkan perkembangan otak kanan dan kiri. Tidak hanya itu, secara psikologis terapi musik bayi bisa mendekatkan hubungan emosional antara ibu dan anak.

Terapi musik bayi juga berdampak pada kondisi sang ibu. Ibu bisa mengalami relaksasi dan menenangkan diri dari aktivitas ketika mendengarkan musik. Hal ini tentunya sangat baik karena ibu yang memiliki psikologis tenang dan terjauh dari stres akan berdampak baik bagi sang anak.

Musik untuk bayi yang terbaik digunakan sebagai alat terapi adalah jenis musik klasik. Berdasarkan penelitian, musik dari komponis besar Mozart adalah jenis yang terbaik. Musik klasik menjadi pilihan utama sebagai alat terapi karena memiliki berbagai macam jenis suara alat musik dan dimainkan dengan indah. Musik karya Mozart dinilai punya frekuensi dan melodi yang tinggi untuk merangsang area kreativitas di dalam otak. Musik klasik juga memiliki banyak ketukan yang tegas yang bisa merangsang kepandaian bayi dalam hal matematika misalnya. Pemilihan musik memang penting karena akan berpengaruh pada kecepatan denyut jantung bayi dan bahkan mempengaruhi berat badan bayi. Musik itu harus menenangkan dan jangan sampai membuat bayi stres.

Terapi musik bayi bisa dilakukan setiap hari dengan durasi setengah jam. Bisa dilakukan pada pagi, siang, sore atau malam hari, dan lakukanlah secara konsisten setiap hari. Musik untuk bayi ini bisa diperdengarkan dengan headphone atau speaker. Volume suara janganlah terlalu keras. Akan lebih baik jika sang ibu ikut bersenandung menirukan nada dalam musik tersebut. Sebaiknya musik yang didengarkan tidak lebih dari tiga jenis lagu seharinya. Hal ini supaya bayi dan ibu dapat mendengarkan dengan lebih konsentrasi.

Dalam mendengarkan musik, tidak melulu ibu harus sambil tiduran tapi sang ibu bisa sambil melakukan aktivitas lain. Jika ibu tidak terlalu suka musik klasik maka biarkan bayi tetap mendengarkan musik sementara ibu tidur. Atau gantilah dengan musik lain yang sesuai. Penting untuk menjaga agar ibu tidak malahan menjadi stres. Teruskan terapi musik bayi hingga bayi lahir.

Terapi Musik Untuk Mencerdaskan Bayi

Perlengkapan Penting Persiapan Memandikan Bayi

Posted: 26 Apr 2012 04:26 PM PDT

Perlengkapan Penting Persiapan Memandikan Bayi

perlengkapan mandi bayiKita sebagai orang tua harus memperhatikan beberapa hal dalam mempersiapkan perlengkapan bayi yang harus kita miliki. perlengkapan bayi dari mulai perlengkapan pakaian sampai perlengkapan mandi untuk bayi. Dalam hal perlengkapan mandi kita harus mengetahuinya, banyak produk yang ditawarkan untuk perlengkapan mandi bayi dari mulai sabun mandi bayi, sampho bayi, bak mandi bayi, dll. pada saat kita membeli perlengkapan mandi bayi terutama sabun mandi bayi dan bak mandi bayi, kita harus memperhatikan dalam hal kualitasnya, jangan melihat harganya yang mahal tetapi kita harus menyesuaikan dengan kondisi tubuh bayi.

Banyak produk sabun mandi bayi yang beredar dipasaran, tapi kualitas dan kuantitasnya berbeda-beda. Banyak produk sabun mandi bayi yang banyak dipergunakan oleh sebagian orang tua yang mengutamakan keharuman yang ada dalam sabun mandi tersebut, padahal belum tentu kandungan yang ada dalam sabun mandi tersebut aman untuk bayi atau tidak. sabun mandi yang beredar sekarang banyak mengandung zat kimia yang berlebihan sehingga mempengaruhi pada kulit bayi. selain sabun mandi bayi adapun perlengkapan bayi yang lainya yang digunakan pada saat bayi mandi yaitu bak mandi.

Bak mandi ini berfungsi untuk menahan tubuh bayi yang sangat renta ketika dimandikan, bak mandi ini biasanya menyerupai sebagai penahan tubuh belakang supaya tidak sukar memandikanya. Menggunakan bak mandi bayi ini berbeda-beda, maka harus disesuaikan dengan usia bayi.
Perlengkapan mandi untuk bayi yang lainya:

Washlap: Pilih washlap yang berbahan lembut, yang tidak melukai bayi pada saat dimandikan.
Handuk bayi: Gunakan handuk bayi yang lembut supaya tidak terjadi iritasi pada saat menggunakan handuk tersebut.
Shampo: Gunakan shampo yang tidak perih dimata, yang mengandung lebih sedikit bahan aditif.
Mainan bayi: seperti bebek-bebekan. Sediakan mainan bayi saat akan memandikan bayi supaya memudahkan kita untuk memandikannya, agar bayi tidak menangis.
Gayung bayi: Gunakan gayung yang berwarna-warni dan ada gambarnya, supaya bayi pengin disiram air dengan gayung tersebut.

Perlengkapan Penting Persiapan Memandikan Bayi

Cara Mengetahui Penyebab Muntah dan Gumoh Bayi

Posted: 26 Apr 2012 04:08 PM PDT

Cara Mengetahui Penyebab Muntah dan Gumoh Bayi

bayi muntahPara Ibu muda yang baru menyusui, biasanya panik karena menemukan masalah bayi gumoh. Pada dasarnya semua itu lazim terjadi. Penyebab bayi gumoh adalah karena terlalu kuat menyedot ASI atau susu, sehingga tercampur dengan udara. Jadi ketika bayi bergerak cepat, tekanan dalam perutnya akan menjadi tinggi.

Bayi gumoh ini tidak terlalu berbahaya karena ketika bayi gumoh itu mengalir begitu saja dari mulutnya tanpa ada kontraksi dari perut bayi. Pada bayi gumoh ia mengeluarkan kurang dari 10cc ASI atau susu yang ia minum. Bayi gumoh biasanya terjadi pada minggu-minggu awal kelahiran bayi. Biasanya gumoh pada bayi akan berkurang seiring dengan pertumbuhan usianya.

Para orang tua biasanya menyamakan bayi gumoh dengan bayi muntah. Padahal ini merupakan hal yang berbeda. Pada bayi muntah biasanya terjadi kontraksi otot dari perut sehingga menyebabkan sakit pada bayi. Bayi muntah adalah pengeluaran isi lambung atau esophagus secara paksa melalui mulut. Para orang tua harus mewaspadai bayi muntah. Bayi muntah adalah salah satu gejala gangguan pencernaan pada bayi. Bahaya bila bayi muntah ASI atau susu yang sudah masuk ke lambung kemudian mengalir ke saluran pernafasan seperti paru-paru. Hal itu bisa menyebabkan rusaknya paru-paru bayi karena susu atau ASI yang terbawa dari lambung sudah tercampur dengan asam.

Penyebab bayi muntah yang sering ditemui adalah ibu menyusui bayi dengan posisi tidur. Seharusnya bayi disusui adalah keadaan tegak sedangkan sang ibu semi tegak, hal ini dapat melancarkan ASI atau susu yang masuk ke tubuh bayi dan langsung ke saluran pencernaannya. Sendawakan bayi sebelum pindah ke puting susu yang lain. Jika bayi menyusu lewat botol susu, pastikan agar lubang pada botol susu bayi pas ukurannya tidak terlalu besar atau kecil. Penyebab bayi muntah lainnya adalah alergi susu formula. Pastikan bayi tidak alergi pada susu formulanya. Hal ini dapat dikonsultasikan pada dokter anak terlebih dahulu sebelum memberikan susu formula kepada bayi.

Penyebab bayi muntah lainnya adalah stenosis pylorus ini adalah salah satu kelainan bedah anak. Hal ini sangat jarang terjadi namun para orang tua harus mewaspadainya dengan memahami tanda-tanda anak yang terkena penyakit ini. Tanda dari penyakit ini adalah bayi muntah dengan kuat dan terus menerus sehingga mengalami penurunan berat badan. Bayi sering terkena dehidrasi. Mulut bayi kering, keriput pada kulit, mata kering, dan perut membengkak. Segera periksakan bayi jika menemukan tanda-tanda seperti itu.

Cara Mengetahui Penyebab Muntah dan Gumoh Bayi

Cara Mengatasi Biang Keringat Bayi Dg Resep Tradisional

Posted: 26 Apr 2012 03:58 PM PDT

Cara Mengatasi Biang Keringat Bayi

biang keringat bayiBiang keringat memang bukan penyakit yang serius apalagi berbahaya, tetapi bagi penderitanya akan terasa sangat tidak nyaman. Biang keringat merupakan penyakit kulit yang sangat sering terjadi ketika udara panas dan lembab, dan bisa menimpa siapa saja tetapi yang paling sering adalah bayi dan anak-anak. Tentu kita merasa sedih dan iba saat melihat bayi biang keringat. Pada dahi, dada, punggung, dan lehernya dipenuhi bintik-bintik merah dan putih yang terasa sangat gatal terutama saat bayi berkeringat banyak kerena udara yang panas. bayi biang keringat bisa bertambah parah jika orang tua tidak telaten menjaga kebersihan buah hatinya, padahal salah satu pencegahan dan pengobatan biang keringat adalah menjaga kebersihan.

Ada beberapa obat biang keringat baik kimia maupun tradisional yang dikenal di masyarakat. Untuk obat biang keringat kimia bisa menggunakan bedak salisil atau bedak yang mengandung mint, karena mint bersifat sejuk sehingga dapat mendinginkan kulit. Bedak ini sangat mudah didapatkan di apotek-apotek atau di warung dengan harga terjangkau. Namun untuk bayi dan anak-anak sebaiknya menggunakan obat biang keringat yang tradisional saja supaya lebih aman untuk kulitmya. Beberapa obat tradisional tersebut adalah:

1. Tepung tapioka atau kanji. Tepung ini bersifat ingin sehingga dapat mendinginkan kulit dengan cepat. Caranya kulit yang akan diberi bedak tepung dibersihkan dulu jika perlu mandi, lalu dikeringkan. Setelah itu baru diberi tepung kanji yang dicampur air, serta usahakan untuk tidak berkeringat selama diberi bedak.

2. Daun Tembelekan yang memiliki nama latin Lantana camara Linn. Tanaman ini tumbuh liar dengan tinggi 0,5-4 meter, batangnya berkayu, bentuk ranting segi empat, berbulu, dan berduri. Daunnya bersifat pahit, sejuk, agak berbau, mangandung sedikit racun yang berkhasiat mengurangi gatal-gatal. Caranya daun sebanyak satu genggam direbus dengan 3 gelas air selama 15 menit, setelah air rebusan menjadi hangat digunakan untuk membasuh bagian yang gatal.

3. Daun Krokot yang memiliki nama latin Portulaca oleracea Linn . Tanaman ini merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di halaman. Daunnya kecil dan agak tebal karena banyak mengandung air, sifatnya dingin. Caranya adalah satu genggam daun krokot direbus dengan 3 gelas air, sampai tersisa 1,5 gelas. Lalu minum setelah air dingin.

4. Tumbuk 1 ons kacang hijau hingga halus, lalu seduh dengan air panas. Setelah dingin baru ramuan diminum.

5. Haluskan buah timun dengan blender atau parut lalu oleskan pada kulit yang terkena biang keringat. Timun ini bisa juga digunakan sebagai obat biang keringat bersama-sama dengan bedak dingin.

Resep obat tradisional untuk penyakit biang keringat di atas cukup mudah untuk dipraktikkan, bahannya pun tidak mahal bahkan Anda bisa mendapatkannya tanpa harus mengeluarkan uang. Hanya butuh kesabaran dan ketelatenan, selamat mencoba.

Cara Mengatasi Biang Keringat Bayi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Bayi

Cara Merawat Bayi

Cara Merawat Bayi