Cara Merawat Bayi

Cara Merawat Bayi


Manfaat Sikat Gigi Sejak Bayi

Posted: 26 Jan 2013 07:06 AM PST

Manfaat Sikat Gigi Sejak Bayi

Manfaat sikat gigi sejak bayi akan terasa hingga anak Anda dewasa nanti. Sikat gigi sejak dini akan membantu si kecil mendapatkan gigi sehat. Karena gigi susu memiliki peran penting sebagai wadah tumbuhnya gigi tetap.
Gigi susu yang keropos dan berlubang bisa menyebabkan perubahan susunan gigi. Untuk itu, lakukanlah kebiasaan sikat gigi sejak buah hati Anda masih bayi. Mungkin awalnya akan sulit, untuk itu jadikan kegiatan menyikat gigi sebagai rutinitas yang menyenangkan.
Mungkin Anda pernah melihat seorang anak yang mengalami kerusakan gigi. Anak-anak memang rentan terhadap kerusakan gigi. Terutama pada gigi bagian depan yang biasanya mengalami kerusakan. Mulai dari keropos sampai menghitam karena berlubang. Mungkin tanpa Anda sadari, si kecil sudah mengalami kerusakan gigi sejak giginya mulai tumbuh. Gigi yang bermasalah akan membuat anak kesulitan untuk mengunyah. Hal tersebut tentu akan membuatnya menjadi sulit makan, dan tentunya akan berpengaruh pada kesehatan anak.
Jangan menunggu hingga gigi bayi tumbuh. Anda dapat segera memulai perawatan gigi bayi sejak giginya belum tumbuh. Anda bisa memulai dengan membersihkan gusinya. Lakukan dengan menggunakan kain/kasa lembut yang lembab. Usapkan perlahan pada gusi bayi. Lakukan dengan perlahan karena gusi bayi masih lunak dan sensitif.
Selain gusi, Anda juga bisa membersihkan pipi bagian dalam dan lidah bayi Anda. Waktu yang paling tepat untuk membersihkan adalah saat bayi Anda selesai menyusu. Hal ini agar bayi terhindar dari infeksi jamur yang berasal dari penumpukan sisa-sisa air susu di rongga mulutnya.
Saat gigi si kecil sudah mulai tumbuh, maka Anda bisa mulai menggunakan sikat gigi untuk bayi. Pilihlah sikat gigi bayi yang bertekstur lembut. Untuk menyikat gigi bayi, Anda belum perlu menggunakan pasta gigi. Hal ini untuk menghindari tertelannya busa pasta gigi. Jika anak sudah mulai bisa berkumur, Anda bisa mulai mencoba menggunakan pasta gigi untuk anak.
Hal penting lainnya yang harus diingat adalah menghindari makan makanan manis dan lengket yang beresiko merusak gigi. Biasakan anak untuk mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat dan tentunya akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan giginya.
Menjaga kesehatan gigi sangat penting. Tumbuhkan kebiasaan tersebut sejak dini. Kebiasaan tersebut akan terbawa hingga anak dewasa. Memiliki gigi yang sehat dan kuat adalah salah satu manfaat sikat gigi sejak dini.

Manfaat Sikat Gigi Sejak Bayi

Cara Stimulasi Agar Bayi Tengkurap

Posted: 25 Jan 2013 07:08 PM PST

Cara Stimulasi Agar Bayi Tengkurap

Stimulasi agar bayi tengkurapdapat Anda lakukan untuk membantu si kecil melewati tahap ini. Meski setiap bayi memiliki tahap perkembangan yang berbeda-beda, tapi biasanya bayi akan mulai tengkurap saat usianya memasuki tiga atau empat bulan.

Pada usia tiga bulan, biasanya bayi sudah dapat mengangkat kepala dan tubuhnya saat Anda meletakkannya pada posisi tengkurap. Menginjak usia selanjutnya, bayi mulai bisa menggeser badannya untuk meraih mainan atau benda yang ada didekatnya.

Perlu Anda perhatikan pada usia ini adalah berat badan bayi. Karena bayi yang memiliki kelebihan berat badan, cenderung malas untuk melakukan gerak badan. Untuk itu, Anda bisa melakukan berbagai stimulasi untuk membantu bayi tengkurap.

Contohnya saja, Anda bisa memberikan rangsangan dengan menaruh mainan yang berbunyi di samping bayi. Jika bayi mulai bereaksi dan tertarik untuk menggapai mainannya. Coba Anda jauhkan perlahan-lahan agar bayi Anda terstimulasi menggerakkan badannya untuk mendekati mainan itu.

Jika bayi sudah mulai menggerak-gerakkan badannya berusaha untuk tengkurap, Anda jangan segan membantunya. Anda bisa sedikit memberikan dorongan agar bayi Anda bisa tengkurap. Jika si kecil sudah terbiasa, ia akan mencoba untuk tengkurap dengan sendirinya.

Berada pada posisi tengkurap akan membantu memperkuat otot leher bayi. Untuk itu, Anda bisa sesekali mencoba untuk meletakkan bayi dengan posisi tengkurap. Tapi jika ia terlihat kesal dan mulai menangis, segera balikkan kembali badannya. Anda bisa mencobanya berulang sampai bayi merasa terbiasa dan bisa melakukannya sendiri.

Untuk melatih otot motoriknya, Anda bisa mencoba memposisikan bayi Anda miring saat sedang menyusui. Selain melatih ototnya, hal itu juga akan membiasakan bayi pada posisi miring seperti saat akan melakukan tengkurap.

Jika bayi sudah mulai bisa tengkurap sendiri, ia akan sangat menyukai posisi tersebut karena membuatnya lebih bebas bergerak. Saat bayi ditelentangkan, ia akan dengan cepat membalikkan tubuhnya.

Cobalah untuk menaruh mainan agak jauh dari jangkauannya, hal ini bisa membantu untuk melatih otot leher, tangan, kaki dan juga badannya. Semakin lama, bayi Anda akan semakin lincah, tentunya ia membutuhkan perhatian Anda lebih banyak.

Berikan stimulasi tepat untuk membantu bayi tengkurap. Biarkan bayi Anda terbiasa dengan posisinya. Jangan paksakan bayi untuk tengkurap jika bayi masih tidak menyukainya, karena itu akan membuatnya tidak nyaman.

Cara Stimulasi Agar Bayi Tengkurap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Bayi

Cara Merawat Bayi

Cara Merawat Bayi