Cara Merawat Bayi

Cara Merawat Bayi


Mengapa Bayi Sering Sakit

Posted: 22 Feb 2013 07:06 AM PST

Mengapa Bayi Sering Sakit

Mekanisme pertahanan tubuh paling banyak atau hampir 60-70% dipengaruhi dan diproduksi dalam sistem saluran cerna.

Daya tahan tubuh buruk, biasanya sering terjadi pada penderita hipersensitif saluran cerna. Keadaan ini sering dialami oleh penderita alergi. Hal inilah menjelaskan kenapa penderita alergi lebih mudah sakit atau rentan terkena infeksi.

Faktor lingkungan seperti kontak dengan sumber infeksi sangat berpengaruh. Kelompok anak yang mengikuti sekolah prasekolah lebih sering mengalami infeksi 1,5-3 kali dibandingkan dengan anak yang tinggal di rumah. Perokok pasif kemungkinan dua kali lipat untuk terkena infeksi. Jumlah anggota keluarga dirumah meningkatkan terjadinya infeksi. Keluarga dengan jumlah 3 orang hanya didapatkan 4 kali infeksi pertahun sedangkan jumlah keluarga lebih dari 8 didapatkan lebih 8 kali infeksi pertahun.

Penyebab utama sakit berulang adalah kontak yang sering sakit dirumah yang juga mengalami sakit berulang atau mudah sakit. Gangguan orang yang mudah sakit ini sering ditandai badan berulang atau sering ngilu, capek, lelah, nyeri tenggorokan, batuk, pilek berkepanjangan. Penderita seperti ini sering dianggap karena terlalu lelah atau alergi. Penderita alergi opada umumnya mudah mengalami infeksi. Namun seringkali sulit membedakan antara alergi dan infeksi, sehingga keluhan infeksi virus seringkali dianggap alergi.

Meski dilingkungan banyak terdapat orang sakit flu kalau daya tahan tubuh baik akan akan terhindar, tidak terlalu mudah, lebih jarang atau paling tidak gangguan sakitnya lebih ringan.

Faktor ASI, Gizi dan imunisasi flu mempengaruhi kekebalan tubuh anak. Namun banyak kasus meski minum ASI, anaknya gemuk dan makanannya bergizi dan sudah diberi imunisasi flu tetapi masih sering sakit. Hal ini terjadi karena tidak dicari penyebab utama mengapa daya tahan tubuhnya tidak baik.

Penderita batuk lama dan pilek lama atau yang sering sakit ini tidak benar tertular dengan mekanisme pingpong. Mekanisme pingpong sering diistilah masyarakat, kalau penderita satu sakit, terkena lainnya dan kembali lagi ke penderita pertama. Karena bila seseorang sudah terkena infeksi virus tertentu selanjutnya akan mempunyai kekebalan terhadap virus tersebut dalam jangka waktu tertentu. Bila penderita tersebut sakit lagi pasti tertular virus baru lainnya.

Mengapa Bayi Sering Sakit

Menenangkan Bayi Menangis

Posted: 21 Feb 2013 07:06 PM PST

Bayi Anda menangis, Anda tidak tahu bagaimana untuk menenangkannya, dan Anda akan melakukan apa pun untuk memanggil seseorang memberitahu Anda bagaimana untuk menghentikannya.Dan untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menenangkan bayi Anda – dan membuat Anda berdua merasa lebih baik.

Mengapa bayi menangis

Bayi tidak bisa memberitahu kita “Aku lapar,” “Aku ingin keluar dari kursi mobil,” atau “Ini  gatal membuatku gila!” Jadi, bukannya, mereka menangis. Ini cara mereka mengatakan “Mom, aku butuh kau!” Apa yang harus Anda lakukan jika semua kebutuhan bayi Anda telah terpenuhi (dia beristirahat, makan, telah popok bersih) dan dia masih menangis? Jangan berasumsi yang terburuk.

Semua bayi memiliki periode kerewelan selama bulan pertama mereka, mungkin karena mereka memiliki sistem saraf yang belum matang. Dan beberapa bayi hanya lebih sensitif – suara, bau, bahkan sensasi tertentu dapat mengganggu mereka. Kebanyakan bayi yang baru lahir menangis selama rata-rata tiga jam sehari, memuncak pada sekitar 6 minggu. Kabar baiknya: Pada 3 bulan, kebanyakan bayi menangis kehendak ‘mereda sekitar satu jam sehari.

Mengapa Anda bukanseorang ibu yang buruk

Ketika bayi menangis, itu memicu pelepasan hormon prolaktin (dijuluki “hormon ibu”) di ibu, yang menciptakan dorongan untuk mengambil bayi dan memenuhi kebutuhannya. Anda didesain untuk menenangkan bayi Anda, dan ketika itu tidak terjadi, maka dapat membuat Anda merasa gagal. Tapi kerewelan bayi Anda bukanlah refleksi mengenai keterampilan orang tua Anda – dan itu benar-benar normal untuk bayi menangis bahkan ketika ada tampaknya tidak menjadi penyebab langsung. Jika Anda pernah ragu-ragu, namun, jangan ragu untuk menghubungi dokter anak Anda untuk memastikan tidak ada masalah yang mendasar.

Strategi  menenangkan sederhana

Tidak setiap strategi akan bekerja untuk setiap bayi, dan beberapa teknik hanya dapat bekerja pada waktu tertentu, tergantung pada suasana hati bayi Anda. Kuncinya adalah untuk bereksperimen, dari waktu ke waktu, Anda akan mencari tahu apa yang terbaik untuk bayi Anda, kapanpun.

Kembali ke rahim. Bayi anda  mungkin rewel karena ia merindukan tempat pertamanya “rumah,” sehingga simulasi lingkungan ketuban dapat menenangkannya. Cobalah teknik ini, bersama-sama atau secara terpisah:

Membedung dia pas dalam selimut dengan lengan bawah.
Tahan saat dia ada di sisinya atau perut daripada punggungnya.
Membuat suara shushing, atau membuat white noise lain dengan menjalankan pengering rambut atau kipas (bagian      dalam rahim suara seperti deru berdenyut konstan).
Goncang dengan lembut (goyangan irama menyerupai gerakan rahim).
Beri dia sesuatu untuk mengisap – baik dot atau jari.

Gunakan tangan Anda. Sentuh merangsang reseptor di otak yang menenangkan bayi Anda, dan penelitian menunjukkan bahwa panjang, guratan halus cenderung bekerja lebih baik daripada pendek, yang cepat. Cobalah membelai pipi bayi Anda, punggung, kaki, atau perut. Atau tetap dekat bayi Anda dengan memakai dia di pembawa depan. Anda tidak harus menghabiskan sepanjang hari toting dia di sekitar, tetapi semakin Anda menyentuhnya (memberinya mini-pijat selama mengganti popok, misalnya), membuakan dia akan semakin bahagia.

Bicara. Nada suara akrab Mom adalah salah satu soothers paling efektif untuk bayi, menurut penelitian. Jadi menjaga obrolan terjadi – tapi berbicara pelan sehingga bayi Anda tidak kewalahan.

Lepaskan bintang pop batin Anda. Bernyanyi juga bisa menenangkan. Jangan khawatir jika suara Anda tidak terdengar seperti Norah Jones. Untuk bayi Anda, Anda adalah bintang utama. Nyanyikan tenang, lagu lambat, seperti lagu nina bobo – tubuh merespon musik dengan mengadaptasi denyut jantung dan pernapasan ke tempo.

Ambil drive. Mengemudi di sekitar blok menggabungkan gerakan mantap dan white noise. Jika mengemudi tidak nyaman, cobalah kursi goyang bergetar atau ayunan, yang juga memiliki combo white-noise/movement.

Dapatkan basah. Banyak ibu bersumpah dengan mandi untuk menenangkan bayi mereka. Suara air mengalir dan kehangatan pada kulit dapat melakukan keajaiban bagi bayi yang menangis. Anda bisa masuk ke bak mandi, juga, untuk menambahkan menenangkan kulit-ke-kulit.

Mengalihkan perhatiannya. Perkenalkan mainan baru atau mengalihkan perhatian kepada hewan peliharaan keluarga atau cermin (sehingga ia bisa menatap dirinya sendiri). Dia mungkin lupa semua tentang suasana rewel nya.

Tetap tenang. Jika Anda merasa frustrasi, bayi Anda akan menangkap ketegangan dan bereaksi, dan pola ini bisa menjadi lingkaran yang sulit untuk istirahat. Mencoba terlalu keras untuk menenangkan bayi Anda juga dapat menjadi bumerang – beberapa hanya tidak ingin ditangani sebanyak orang lain. Meskipun Anda tidak boleh membiarkan bayi di bawah 3 bulan menangis itu, tidak apa-apa untuk membiarkan mereka rewel selama lima menit. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk mulai mencari cara untuk menenangkan dirinya sendiri (dan mungkin memberi Anda kesempatan untuk berkumpul kembali, juga).

Terus melakukan apa yang berhasil. Bila Anda menemukan strategi yang menenangkan bayi Anda, menaatinya. Mencoba sesuatu yang berbeda setiap lima menit bisa overstimulating. Batasi diri Anda untuk dua atau tiga metode yang tampaknya bekerja – jika salah satu gagal dalam satu contoh, coba lainnya, bukannya memperkenalkan teknik baru beberapa. Anda hampir selalu mendapatkan hasil setelah satu atau dua hari jika Anda tetap berpegang pada pola yang konsisten.

Bayi yang terbaik memegang

Membawa bayi Anda membantu dia merasa aman dan terhibur. Beberapa mencoba-dan-benar metode:

Cradle-carry: Dengan kedua siku ditekuk sekitar 45 derajat, istirahat kepala bayi Anda di lekuk satu lengan, mendukung dirinya dengan kedua lengan Anda sepanjang punggungnya. Batu atau terpental dengan lembut sambil menepuk pantatnya. Dia mungkin menemukan posisi ini sangat menenangkan, karena dia bisa melihat wajah Anda.

Dudukan sit-dan-rock: Ini cara yang bagus untuk membiarkan bayi Anda melihat dunia dan mengalihkan perhatiannya ketika dia rewel. Sementara berdiri, memeluknya dada Anda, menghadap jauh dari Anda. Tempatkan satu tangan di bawah pantatnya untuk membuat sebuah “kursi” dan membungkus lengan lain di sekitar dadanya (dan di bawah lengannya) untuk dukungan. Bergoyang dari sisi ke sisi atau berjalan-jalan untuk menemukan pandangan dia suka.

Sepak bola terus: Karena metode ini menempatkan tekanan pada perut bayi Anda, dapat membantu meredakan gassiness. Tempatkan bayi tertelungkup sepanjang satu lengan, menggunakan lekukan lengan Anda untuk mendukung lehernya. Tempatkan lengan Anda yang lain antara kedua kakinya untuk menopang tubuh bawahnya. Setelah Anda mendapatkan menguasainya, Anda bahkan dapat menggunakan satu tangan untuk mempersiapkan botol.

Over-the-bahu memegang: Seperti terus sepak bola, baik yang satu ini untuk gassiness. Tahan perut bayi Anda bahu Anda dan biarkan kepala dan leher menggantungkan atasnya. Dukungan kepalanya dengan tangan Anda sampai dia mampu mengendalikannya sendiri.

Hati ke hati: Pada posisi ini, bayi Anda akan merasa ekstra dekat dengan Anda saat ia mendapat selaras dengan irama Anda. Pegang bayi Anda secara vertikal, dengan kepala bersandar di dada Anda, dekat jantung Anda. Bergoyang dari sisi ke sisi.

Decoding ratapan

Ini tidak mudah untuk mencari tahu apa menangis berbagai bayi Anda maksud. Tapi tetap pedoman umum dalam pikiran:

Bayi yang baru lahir memiliki, sangat berbeda bernada tinggi meratap – dan bertentangan dengan apa yang Anda mungkin berpikir, ini sering tidak menunjukkan rasa sakit. Mereka hanya mengambil pendek, napas cepat dan mengeluarkan suara tangisan singkat setiap kali mereka menghembuskan napas. Lama bayi mulai bernapas lebih dalam ketika menangis, sehingga menangis setiap lagi.
Ketika dia lapar, bayi akan rewel dan diam-diam menggeliat. Jika dia tidak diberi makan, menangis akan meningkat. (Kecuali dia seorang bayi yang baru lahir, dan kemudian ratapan besar kemungkinan untuk memulai segera.)
Kalau dia sakit – dari gas, tumbuh gigi, atau sakit – bayi Anda mungkin akan memiliki menangis menusuk dan tampilan sedih di wajahnya. Dia juga akan sangat sulit untuk menghibur.

3 strategi untuk menghindari

Popping di dot segera. Ya, mungkin menenangkan dia, tetapi Anda tidak akan mendapatkan untuk mencari tahu apa yang benar-benar salah.

Bergegas untuk memberi makan. Jika Anda tetap botol atau payudara Anda di mulut bayi Anda setiap kali dia menangis dan sebelum Anda yakin dia lapar, Anda dapat menunjukkan padanya bahwa makan adalah cara untuk menghibur dirinya sendiri. Dan yang akhirnya dapat menyebabkan makan berlebihan.

Mencoba cara yang berbeda terlalu banyak menenangkan sekaligus. Dibutuhkan beberapa saat untuk menenangkan teknik untuk bekerja. Jika Anda cepat mengubah posisi, atau membedung dan kemudian unswaddle segera, bayi Anda mungkin akan menjadi lebih gelisah.

Bayi pijat

Sentuhan hangat dari tangan Anda dapat menghibur bayi Anda langsung. Dalam pakaian, hangat tenang, kamar dia kecuali untuk popok dan menempatkan dia pada permukaan nyaman (tempat tidur, sofa, pangkuan Anda). Gunakan baby oil atau lotion pelembab.

Terapkan tekanan lembut namun tegas dengan stroke masing-masing. Sadarilah isyarat bayi Anda: Jika ia Wriggles atau rewel, berhenti dan coba lagi lain waktu. Anda dapat melakukan ini seluruh urutan atau hanya bagian bayi Anda suka. Mulailah dengan bayi Anda di punggungnya:

Kepala
1. Menggunakan tangan terbuka Anda, stroke kedua sisi wajah, dari dahi ke leher dan kembali lagi.
2. Menggunakan gerakan memutar, stroke atas kuil dan engsel rahang.
3. Ringan pijat di belakang telinga dan melanjutkan gerakan melingkar selama sisa kulit kepala, menghindari titik lemah di atas.

Senjata
1. Bungkus kedua tangan di lengan atas bayi dan stroke turun dari bahu ke pergelangan tangan, menggunakan gerakan, memerah susu lembut.
2. Stroke telapak tangan dengan ibu jari Anda.
3. Lembut meremas dan kemudian tarik masing-masing jari.

Dada
Dimulai dengan tangan Anda rata di dada bayi, stroke ke arah leher, kemudian ke bawah ke sisi tubuhnya.

Daerah perut
Menggunakan gerakan tangan-over-tangan (seperti roda dayung), stroke dia bergerak dari tinggi ke rendah di perut.

Kaki
Bungkus kedua tangan di paha atas bayi Anda, dan stroke ke arah pergelangan kaki dan kembali ke pinggul.

Kaki
1. Gunakan gerakan ibu jari-over-jempol untuk memijat seluruh bagian bawah kaki.
2. Lembut meremas dan kemudian tarik jari masing-masing.
3. Buatlah lingkaran kecil di seluruh bagian atas pergelangan kaki dan kaki.

Sekarang giliran tertelungkup bayi Anda:

Kembali
1. Stroke, dengan gerakan tangan-over-tangan, dari punggung bagian atas ke pantat, dengan flat tangan Anda berkontur dengan bentuk punggungnya.
2. Menggunakan ujung jari Anda, pijat otot yang panjang di samping tulang belakang bayi Anda dengan gerakan melingkar dari kepala ke pantatnya. (Jangan menggosok langsung di atas tulang belakang.) Lanjutkan memijat bawah kakinya berdiri.

Leher
Akhiri dengan ringan memijat leher bayi Anda dan bahu.

Ringkasan

Menangis adalah bagian normal dari kehidupan bayi Anda, dan setelah beberapa eksperimen, Anda dan bayi Anda akan mencari cara untuk menenangkannya bersama-sama. Dan mengambil hati: Setelah tiga bulan, jags nya menangis akan kurang sering dan lebih dipahami, sehingga Anda akan lebih mampu untuk menguraikan apa yang dia butuhkan.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Bayi

Cara Merawat Bayi

Cara Merawat Bayi