Cara Merawat Bayi

Cara Merawat Bayi


Cara Merawat Bayi Alergi Karena Virus

Posted: 30 Jun 2013 08:09 PM PDT

Cara Merawat Bayi Alergi Karena Virus

Penyebab Bayi Alergi:
Nama penyakit ini mungkin jarang terdengar, padahal Roseola infantum merupakan penyakit menular yang cukup sering menyerang bayi dan anak – anak yang masih sangat kecil. Penyebabnya adalah virus jinak yang bisa menyebar melalui percikan ludah penderita, misalnya saat pemeriksaan kesehatan atau imunisasi di rumah sakit. Gejala yang timbul yaitu demam hingga 39,5 derajat Celsius selama beberapa hari. Setelah demamnya hilang, mulai timbulnya bintik – bintik merah yang tidak berubah menjadi bernanah dan tidak gatal. Disertai rewel, kehilangan selera makan dan cepat mengantuk.

Terkadang terjadi salah diagnosis karena gejalanya mirip dengan campak. Yang perlu diketahui, bedanya dengan campak adalah bintik – bintik merah pada bayi dan anak kecil timbul setelah demamnya turun (bisa terjadi 2 – 3 kali dalam usia anak), sementara pada campak muncul pada saat demam sedang tinggi (terjadi 1 kali seumur hidup).

Gejalanya juga mirip dengan demam berdarah, bedanya anak yang terkena demam berdarah setelah demamnya turun kondisi tubuhnya tetap melemah, sementara anak yang terkena roseola infantum keadaannya akan semakin membaik.

Cara mengatasi Bayi Alergi:
Jangan khawatir karena penyakit yang disebabkan herpes virus tipe 6 dan 7 ini tidak berbahaya. Walaupun virus ini berasal dari keluarga yang sama (herpes simplex viruses), virus herpes ini tidak menyebabkan herpes di sekitar mulut dan alat kelamin. Turunkan panasnya dengan obat penurun demam yang aman untuk anak – anak bila diperlukan. Kompres anak Anda dengan lap bersih yang dibasahi dengan air hangat. Jangan mandikan si kecil dengan air dingin dan banyak – banyaklah memberikan cairan, bisa berupa ASI, air putih atau oralit. Sebaiknya bayi dan anak memiliki istirahat yang cukup. Bila kesadaran menurun dan si kecil mengalamin kejang, segera bawa ke dokter. Pada umumnya bintik – bintik merah akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Cara Merawat Bayi Alergi Karena Virus

Cara Merawat Bayi Alergi Karena Kutu Busuk

Posted: 30 Jun 2013 08:10 AM PDT

Cara Merawat Bayi Alergi Karena Kutu Busuk

Penyebab Bayi Alergi
Kutu busuk yang menyelinap di sela-sela sprei dan tempat tidur menggigit anak Anda. Gigitan kutu busuk umumnya mirip dengan bekas gigitan nyamuk.

Cara mengatasi Bayi Alergi
Alasi kasur dengan perlak atau kain pelindung kasur yang bersih yang tidak dapat menjadi sumber kutu busuk atau ngengat. Cuci sprei, sarung bantal, selimut dengan teratur. Sesekali jemur bantal, guling dan kasur agar kutu busuk dan larva di dalamnya terbunuh oleh panasnya cahaya matahari. Berikan bayi Anda sarung tangan untuk mencegahnya menggaruk kulitnya yang gatal untuk menghindari terjadinya infeksi. Lakukan langkah-langkah pembasmian agar tempat tidur bayi bebas ngengat. Bila langkah ini tidak berhasil kemungkinan Anda harus membuang kasur bayi Anda dan menggantinya dengan yang baru.

Cara Merawat Bayi Alergi Karena Kutu Busuk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Bayi

Cara Merawat Bayi